DUMAI, DUMAI KOTA - Pemerintah Kota Dumai dengan tegas menyatakan siap mendukung dan mewujudkan program Pemerintah Pusat dalam bidang pertanian yaitu mewujudkan Indonesia Swasembada Pangan. 

Penegasan itu disampaikan Walikota Dumai, Zulkifli AS saat mengjadiri acara tanam perdana padi dan jagung di Kabupaten Siak, oleh Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo. 

"Pemko Dumai mendukung program pemerintah pusat dalam bidang pertanian. Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kita akan terus membina kelompok tani yang ada," katanya, Kamis (6/4/17). 

Sedangkan Dirjen Holtikultural Kementrian Pertanian RI, Spudnik Sujono mengatakan, Pemerintah Pusat ingin menumbuh kembangkan sektor pertanian dalam rangka menuju swasembada pangan. 

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Dumai
"Maka bapak presiden sangat mendukung hal itu dengan memberi program-program bantuan seperti mesin dan bibit untuk para petani di daerah. Semuanya tidak lain hanya untuk mensejahterakan petani," katanya. 

Menurutnya, hal ini dapat meningkatkan produksi dengan visi besar kedaulatan dan kemandirian pangan. Terlihat hasilnya, di tahun 2016, produksi beras secara nasional sekitar 79,1 juta ton. 

"Sebelumnya hanya 75 juta ton. Indeks pertanaman kita juga sudah berada di angka rata-rata nasional 1,79 atau hampir dua kali tanam dalam setahun. Untuk komoditas jagung sendiri sekarang pola tanam tidak hanya monokultur," katanya. 

Sementara Kepala Staf TNI AD, Mulyono mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memerangi import dan tengkulak-tengkulak, supaya Indonesia bisa mandiri dan nihil impor beras. 

"Indonesia memiliki lahan yang sangat bagus dan luas untuk diberdayakan dan dijadikan sebagai lahan pertanian. Maka dari itu mari bersama-sama kita mewujudkan Indonesia swasembada pangan," ajaknya. 

Dijelaskannya, berkat kerja sama dan kerja keras petani, tahun ini Indonesia tidak lagi mengimpor beras. Jika pahlawan Indonesia sekarang ini adalah petani maka di TNI pahlawan-pahlawan adalah babinsa yang kuat dalam membantu petani. 

Turut mendampingi Walikota Dumai di acara tersebut, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Dwi Orisyawan, serta Plt Kabag Humas Sekretariat Pemko Dumai Riski Kurniawan. 

Acara ini dihadiri Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo, Dirjen Holtikultural Kementrian Pertanian RI Spudnik Sujono, dan Kasad TNI Jendral Mulyono, Gubernur Riau, Ketua DPRD Riau, Bupati Siak Syamsuar. 

Kedatangan Panglima beserta rombongan di sambut dengan antusias oleh warga Bunga Raya, Kabupaten Siak, di iringi dengan tabuhan kompang khas Melayu. 

Ada beberapa rangkayan kegiatan dintaranya penyerah bantuan kepada masyarakan dan pelajar, penanaman benih jagung dan terakhir penaman padi dengan menggunakan mesin bantuan dari kementrian pertanian.(dum04)

Post a Comment

Powered by Blogger.